Home / Uncategorized / KULINER KOTA TEGAL

KULINER KOTA TEGAL

<!-- Global site tag (gtag.js) - Google Analytics --> <script async src="https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=UA-128298546-1"></script> <script> window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'UA-128298546-1'); </script>

TATA LETAK KOTA

Dilihat secara geografis, posisi kota Tegal sangat strategis,sebagai penghubung jalur perekonomian lintas nasional dan regional di wilayah pantai utara (Pantura) yaitu dari barat ke timur (Jakarta-Tegal-Semarang-Surabaya) dengan wilayah tengah dan selatan Pulau Jawa (Jakarta-Tegal-Purwokerto-Yogyakarta-Surabaya) dan sebaliknya. 

Letak kota Tegal berada di jalur pantai utara/pantura,pulau jawa,jawa tengah. Tepatnya berada di 165 km sebelah barat Kota Semarang dan berada di 329 km sebelah timur Jakarta.

Terletak di antara 109°08’ – 109°10’ Bujur Timur dan 6°50’ – 6°53’ Lintang selatan, dengan wilayah seluas 39,68 Km² atau kurang lebih 3.968 hektar.

Dari peta orientasi Provinsi Jawa Tengah,kota Tegal berada di sisi/wilayah barat,sebelum kota Brebes yang berbatasan langsung dengan kota Cirebon jawa barat. Kota Tegal terbentang sejauh 6,7 Km dari utara ke selatan dan 9,7 Km dari barat ke timur. 

TEH POCI

KULINER KHAS TEGAL

Kota Tegal kaya akan kuliner-kuliner khas-nya,yang sudah di kenal di seluruh nusantara. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya warung-warung nasi yang berafiliasi menggunakan menu-menu khas masakan kota Tegal,atau yang terkenal dengan nama kependekan dari “Warung Tegal/WARTEG”. Hampir di semua kota yang ada di Indonesia,terdapat warung nasi yang menggunakan konsep warteg.
Pernahkah anda makan di Warung Tegal..? Di tempat makan ini tersedia berbagai macam pilihan menu,dan rasanya sudah pasti enak dan menggugah selera. Dari mulai yang pedas hingga yang segar, semuanya patut anda coba. Dengan harga yang relatif murah,namun anda akan dijamu dengan makanan,masakan khas daerah Tegal yang istimewa. Apakah anda penasaran..? Silahkan anda untuk mencobanya!

Adapun makanan atau pun minuman khas dari kota Tegal, diantaranya;

NASI LENGKO

NASI BOGANA

NASI LANGGI

NASI PONGGOL

BLENDUNG

TEH POCI

ES LONTRONG

RUJAK TEPLAK

TAHU ACI

GLABED

RUJAK KERUPUK

SOTO TAUCO

GLOTAK

 NASI LENGKO

Nasi Lengko umumnya ada di beberapa daerah, termasuk Tegal. Hidangan ini lebih akrab disebut dengan “sego lengko” hidangan ini berisi nasi dengan banyak sekali lauk-auknya. Kurang lengkap jika menyantapnya tanpa ditambah dengan sambal. Saat ini penjual nasi lengko tersebar di seantero Tegal,bahkan sudah menjamur di kota ini.

NASI BOGANA

Selain nasi ponggol,lengko dan nasi langgi, terdapat nasi bungkus lain yang tidak kalah enak,dan hadir dalam porsi kecil  yang pas untuk sarapan. Namun yang membedakan adalah lauknya. Ada telur yang disandingkan dengan olahan tempe dan sambal khas.

NASI LANGGI

Nasi Langgi ini biasanya dibuat saat tiba momen Rabu Wekasan. Kuliner ini sebenarnya nampak seperti nasi dengan lauk-pauk pada umumnya. Dalam porsinya terdapat daging, mie hingga perkedel. Dengan makanan tersebut biasanya sebagian masyarakat Tegal berbagi dan menikmati kebersamaan. Itulah mengapa hidangan-hidangan khas harus tetap dilestarikan. Bukan hanya karena kelezatannya, tapi juga makna di baliknya.

NASI PONGGOL

Nasi Ponggol ini biasa dijadikan menu sarapan pagi oleh masyarakat Tegal. Isiannya ada nasi dengan beberapa lauk seperti sambal goreng tempe. Dan cara penyajianya dibungkus dengan daun pisang dalam porsi yang tidak begitu banyak.  Karena kepopulerannya, saat ini nasi ponggol tidak hanya dijual saat pagi, tapi juga malam hari.

BLENDUNG

Blendung ini pada umumnya dijual di pasar-pasar tradisional. Terbuat dari jagung yang direbus hingga lunak lalu diberi sedikit bumbu dan parutan kelapa. Rasanya gurih dan sedikit ada rasa asinnya. Selain itu, manisnya jagung juga menambah kelezatan dari makanan ini. Biasanya jajanan tradisional di Tegal tersebut disajikan dengan menu lainnya.

TEH POCI

Teh poci adalah minuman khas kota tegal yang unik,karena cangkir atau pun gelas,dan pocinya yang terbuat dari tanah liat. Cara penyajianya, teh ini diseduh dengan menggunakan air panas,dan dikasih pemanis dari gula yang masih berbentuk bongkahan-bongkahan seperti batu,atau yang sering disebut dengan gula batu.

ES LONTRONG

Hanya dengan empat lembar uang ribuan,anda sudah bisa melegakan tenggorokan dengan es lontrong. Minuman legendaris di Tegal ini berisi kacang hijau dan cincau,yang ditambah dengan gula merah dan santan. 

RUJAK TEPLAK

Rujak teplak adalah kuliner khas Tegal dengan cita rasa unik. Berbeda dari kuliner serupa pada umumnya, rujak teplak memiliki sambal khas yang dipadukan dengan berbagai macam sayuran. Sekarang ini tidak banyak tempat makan yang menjualnya. Bila ingin coba kamu bisa mencari penjual rujak teplak di sekitar Pasar Banjaran,atau Slawi.

TAHU ACI

Tahu Aci adalah sebutan unik untuk kuliner khas Tegal yang sekarang banyak dijadikan sebagai oleh-oleh. Bentuknya tidak begitu besar dan dibuat dengan mengkombinasikan tahu dengan aci. Paling nikmat jika menyantapnya dengan cabai rawit. 

GLABED

Kupat Glabed bisa banget membuat perut anda menjadi kenyang. Lidah juga sudah pasti puas sekali. Anda bisa mencoba potongan ketupat yang disajikan bersama tempe dan disiram dengan kuah glabed. Semakin lezat apabila disantap dengan sate ayam atau kerang. Kalau anda ingin membelinya,silahkan anda menuju bundaran patung obor Slawi,karena banyak yang jualan disana

RUJAK KRUPUK

Sebenarnya ini adalah kuliner favorit anak-anak kecil di tegal. Biasanya bisa dibeli di warung-warung rujak. Isinya ada kerupuk yang disiram dengan bumbu rujak. Rasa gurih dari kerupuk dan bumbu rujaknya membuat anda ketagihan.

SOTO TAUCO

Soto Tauco ini Dari dulu hingga sekarang masih tetap digemari, disamping kuliner ini selalu setia menghadirkan rasa soto yang nikmat,rasa soto ini juga sangat khas dengan tambahan bubu tauco yang menyumbang kelezatan tiada tara. Dalam satu porsi soto, isiannya melimpah ruah. Mulai dari daging ayam, daging sapi, jeroan seperti usus dan babat. Serta masih banyak lainnya. 

GLOTAK

Glotak memiliki rasa yang lezat, tapi sekarang banyak yang tidak tahu mengenai kuliner ini. Bahan dasar yang dibuatnya adalah gembus, bahan semacam oncom yang dimasak dengan berbagai macam bumbu. Untuk menambah kelezatannya, maka diberi kaldu dari rebusan tulang sapi atau ayam. Sebagian orang juga memberikan irisan-irisan cabai untuk meningkatkan kekayaan rasa.

Tiga belas contoh menu makanan khas kota Tegal diatas,adalah meupakan sebagian kecil dari makanan khas Tegal yang kami tampilkan disini,karena masih banyak menu makanan khas yang lainya.

Sesekali bolehlah mampir ke warung nasi Tegal (warteg),atau bahkan berlangganan disana,karena disamping banyak pilihan menu,harganya yang ekonomis,dan yang terpenting adalah soal rasanya,yang pastinya tidak akan mengecewakan anda.

Silahkan klik wartegkita dot com ,untuk update informasi kuliner terbaru. Semoga ini menjadi manfaat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.