Home / Artikel / NASI KUNING

NASI KUNING

NASI KUNING

Nasi Kuning Hidangan Favorit

Siapa tak kenal dengan nasi kuning ? Saya mengenal nasi kuning sejak masih kecil, karena bagi masyarakat di Jawa seperti saya, makanan yang terbuat dari beras dengan bumbu kunyit, santan, serta rempah-rempah itu, biasanya, menjadi hidangan spesial dalam acara pesta atau tasyakuran.

Tapi, apakah Anda tahu, bahwa nasi kuning juga menjadi salah satu kuliner khas masyarakat di berbagai kota di Indonesia ? Jangan heran, jika berkunjung ke berbagai kota yang ada di belahan nusantara, Anda bakal menemukan banyak rumah makan yang menjual jenis ini, nasi kuning.

Bahan dasarnya adalah beras, santan kelapa, air perasan kunyit parut, daun pandan, batang serai yang dimemarkan, daun jeruk, dan sejumlah bahan penyedap rasa lainnya. Nasi kuning terasa gurih dan sangat mengundang selera.

Santan kelapa sebagai salah satu bahan dasarnya membuat nasi kuning lebih enak dan gurih. Selain itu, santan kelapa sangat baik untuk pembentukan sistem imunitas atau kekebalan tubuh dan pertahanan kepada berbagai jenis penyakit. Wah.. komplit tuch !

Bahan dasar lainnya , yaitu kunyit sebagai pewarna alaminya bersifat antiseptic dan anti bakteri; juga dapat berperan sebagai desinfektan untuk luka, keputihan, haid tidak lancar, diabetes melitus, meremajakan sel-sel tubuh, memperlancar atau memperbanyak ASI, mengobati batuk berlendir dan diare, mencegah tumor dan kanker, serta bermanfaat sebagai anti oksidan.

Menu pelengkap sajian nasi kuning biasanya adalah ayam goreng atau daging sapi,tempe oreg,atau pun yang lainya, ditambah telur rebus dan sambal,serta irisan ketimun,juga bawang goreng yang rasanya bisa membuat tubuh berkeringat bahkan bisa membuat air mata tanpa disadari menetes. Inilah salah satu kekhasan dari nasi kuning, yaitu cita rasa sambalnya yang membuat mulut berkecap-kecap bagi yang tak biasa dengan rasa pedas.

Jika suka pedas, Anda tinggal menaburkan sambal gorengnya yang….huh, hah..pedas. Sambal ini akan semakin memperkuat ciri khas nasi kuning yang menggugah selera itu. Begitu nasi kuning masuk mulut, pastinya lidah Anda terus bergoyang menikmati hidangan hingga suapan terakhir. 

Demikian ya…Semoga bermanfaat,nasi kuning hidangan favorit,wartegkita.com